Home > Soal > Kartu Soal

Kartu Soal

No :

 

1

KARTU SOAL (TIPE  A)

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera

 

Kunci :

C

Kunci :

C

Kunci :

C

Soal

Sel-sel  yang berfungsi untuk mengedarkan makanan dan oksigen pada porifera disebut…

  1. Amoboid
  2. Kunci :

    A

    Koanosit

  3. Oskulum
  4. Spongosol
  5. Ostium

 

 

No :

 

2

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera

 

Soal

Lubang untuk masuknya makanan/air pada porifera disebut…

  1. Oskulum
  2. Amoboid
  3. Astium
  4. Nematokis
  5. Spongosol

 

 

 

 

 

No :

 

3

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera

 

Soal

Sel bersilia yang melapisi spongosol pada porifera disebut…

  1. Amoboid
  2. Skleroblas
  3. Koanosit
  4. Arkeosit
  5. Pinakosit

 

 

 

No :

 

4

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal ciri-ciri umum Coelenterata dan fungsi tiap organ pada Coelenterata

 

Soal

Sistem gastrovaskuler adalah…

  1. Sistem pencernaan pada Coelenterata
  2. Sistem pernafasan hewan Invretebrata
  3. Sistem pencernaan makanan dengan usus bercabang-cabang menuju ke seluruh tubuh
  4. Sistem peredaran darah pada Plathyhelminthes
  5. Sistem pencernaan makanan dengan melibatkan lambung (gaster)

 

 

 

 

No :

 

5

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal pembagian kelas pada filum Coelenterata

 

Kunci :

D

Kunci :

C

Soal

Manakah yang termasuk ke dalam filum Coelenterata…

  1. Calcarea
  2. Demospongia
  3. Acropora
  4. Turbellaria
  5. Kunci :

    B

    Kunci :

    C

    Planaria

 

 

 

No :

 

6

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal ciri-ciri umum Coelenterata dan fungsi tiap organ pada Coelenterata

 

Soal

Kapsul penyengat yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa pada coelenterata disebut…

  1. Spirakel
  2. Tentakel
  3. Silia
  4. Nematokis
  5. Hipnotoksin

 

 

 

No :

 

7

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami ciri umum dari plathyhelminthes

 

Soal

Tubuh plathyhelminthes terdiri atas tiga lapisan (triploblastik), yaitu…

  1. Eksoderm, mesoderm, introderm
  2. Ektoderm, mesoderm, endoderm
  3. Eksternal, internal, peralihan
  4. Selomata, pseudoselomata, aselomata
  5. Semua benar

 

 

 

 

No :

 

8

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui dan memahami fase-fase dari siklus hidup Platyhelminthes

 

Soal

Untuk memutus daur hidup dari Fasciola hepatica, manakah yang harus diberantas…

  1. Kambing
  2. Sapi
  3. Siput
  4. Manusia
  5. Babi

 

 

 

No :

 

9

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami cara reproduksi dari plathyhelminthes

 

Kunci :

C

Kunci :

E

Soal

Cacing pipih yang mempunyai sel-sel formatif yang tersebar dalam jaringan parenkim dan berfungsi untuk regenerasi adalah…

  1. Treamatoda
  2. Nematoda
  3. Kunci :

    B

    Kunci :

    D

    Cestoda

  4. Turbellaria
  5. Polychaeta

 

 

 

No :

 

10

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami cara reproduksi dari Nemathelminthes

 

Soal

Organ seks pada Nemathelminthes terpisah antara jantan dan betina, sifat tersebut biasanya dikenal…

  1. Monoesus
  2. Hermafrodit
  3. Gonokoris
  4. Dikotil
  5. Monokotil

 

 

 

No :

 

11

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui ciri-ciri dari Nemathelminthes

 

Soal

Cacing Ancylostoma duodenale pertama ditemukan dimana…

  1. Hati
  2. Pertambangan
  3. Sapi
  4. Babi
  5. Kambing

 

 

 

 

No :

 

12

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui cara terjangkitnya/infeksi dari filum Nemathelminthes

 

Soal

Cacing apakah yang dapat menimbulkan penyakit kaki gajah (filariasis)…

  1. Ascaris lumbricoides
  2. Enterobius vermicularis
  3. Trichinella spiralis
  4. Ascaris suela
  5. Wuchereria bancrofti

 

 

 

 

No :

 

13

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami organ-organ pada filum Annelida

 

Kunci :

A

Kunci :

A

Soal

Pada bagian lateral tubuh Annelida, tiap segmen terdapat alat gerak berupa bulu-bulu kaku yang disebut…

  1. Septa
  2. Seta
  3. Nefridia
  4. Clitellum
  5. Kunci :

    B

    Kunci :

    B

    Ganglia

 

 

 

 

No :

 

14

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui cara dari anggota Hirudinea melumpuhkan mangsa dan fungsi dari zat yang digunakan dalam melumpuhkan mangsa

Soal

Pacet dan lintah merupakan hewan parasit yang hidup di luar tubuh inang, sifat seperti ini dikenal dengan istilah…

  1. Ektoparasit
  2. Ektoderm
  3. Endoparasit
  4. Endoderm
  5. Parasit semu

 

 

No :

 

15

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui cara dari anggota Hirudinea melumpuhkan mangsa dan fungsi dari zat yang digunakan dalam melumpuhkan mangsa

Soal

Zat anti pembekuan darah yang dikeluarkan oleh pacet dan lintah disebut…

  1. Anestetik
  2. Hirudin
  3. Hirudinea
  4. Antiseptic
  5. Antibiotik

 

 

 

 

 

No :

 

16

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengenal pembagian kelas pada filum Mollusca

 

Soal

Manakah yang merupakan pasangan sinonim suatu takson hewan?…

  1. Lamellibranchiata-Pelecypoda
  2. Poaceae-Graminae
  3. Bakteriace-Monora
  4. Cephalopoda-Gastropoda
  5. Dibranchiata-Octopus

 

 

 

No :

 

17

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami fungsi organ-organ yang terdapat pada Gastropoda

 

Kunci :

E

Kunci :

C

Soal

Kelas Mollusca yang menggunakan kepala sebagai alat gerak (kaki) disebut…

  1. Pelecypoda
  2. Cephalopoda
  3. Gastropoda
  4. Kunci :

    E

    Kunci :

    B

    Lamellibranchiata

  5. Gastrodermis

 

 

 

No :

 

18

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami fungsi organ-organ yang terdapat pada Gastropoda

 

Soal

Alat perlindungan apakah yang dimiliki oleh Cephalopoda…

  1. Tentakel
  2. Seliped
  3. Tentakel
  4. Antena
  5. Tinta

 

 

 

 

 

No :

 

19

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengidentifikasi contoh-contoh dari kelas Arthropoda

 

Soal

Ciri umum yang dimiliki Arthropoda adalah…

  1. Bersayap
  2. Memiliki racun
  3. Sistem peredaran darah tertutup
  4. Tidak memiliki darah
  5. Tubuh dan alat geraknya bersegmen

 

 

 

No :

 

20

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui sistem respirasi pada Arthropoda

 

Soal

Diantara Arthropoda berikut yang sistem respirasinya bukan trakea adalah…

  1. Nyamuk
  2. Lipan
  3. Udang windu
  4. Nautilus
  5. Culex

 

 

 

 

 

No :

 

21

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna dari Insecta

 

Kunci :

C

Kunci :

E

Soal

Proses metamorfosis sempurna berikut ini manakah yang benar …

  1. Telur – Larva – Imago
  2. Telur – Nimfa – Imago
  3. Telur – Muda – Imago
  4. Kunci :

    D

    Kunci :

    D

    Telur – Larva – Pupa – Imago

  5. Telur – Nimfa – Pupa – Imago

 

 

 

 

No :

 

22

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui pembagian ordo pada Myriapoda

 

Soal

Ordo Myriapoda yang tiap segmen tubuhnya terdapat dua pasang kaki dan dua pasang spirakel adalah?

  1. Pantala
  2. Eumostraca
  3. Chilopoda
  4. Diplopoda
  5. Malacostraca

 

 

 

No :

 

23

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui peranan dari Echinodermata

 

Soal

Peranan Echinodermata salah satunya adalah sebagai bahan makanan, yaitu dari kelas…

  1. Asteroidea
  2. Ophiuroidea
  3. Ophiotrix
  4. Holothuroidea
  5. Crinoidea

 

 

 

No :

 

24

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami ciri-ciri umum dari tiap kelas pada Echinodermata

 

Soal

Bentuk tubuh Echinodermata yang mirip dengan tumbuhan termasuk kedalam kelas…

  1. Asteroidea
  2. Ophiuroidea
  3. Echinoidea
  4. Holothuroidea
  5. Crinoidea

 

 

 

No :

 

25

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui fungsi dari organ-organ yang terdapat pada filum Echinodermata

 

Kunci :

D

Kunci :

D

Soal

Duri yang termodifikasi dan berfungsi untuk menangkap mangsa pada Asteroidea disebut…

  1. Ambulakral
  2. Madreporit
  3. Kunci :

    E

    Saraf cincin

  4. Ampula
  1. Pediselaria

 

 

 

No :

 

26

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Menyebutkan ciri umum dari vertebrata

 

Soal

Satu ciri khusus dari hewan vertebrata adalah…

  1. Memiliki sistem saraf yang sama
  2. Memiliki korda dorsalis, bentang saraf dorsal, dan celah insang
  3. Darahnya berperan mengedarkan gas dan makanan
  4. Memiliki jantung
  5. Sistem peredaran darahnya tertutup

Kunci :

B

 

 

 

No :

 

27

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Menyebutkan dan memahami pembagian kelas dari Pisces

 

Soal

1. Lamprey                                    4. Tunicata

2. Hiu                                              5. Pari

3. Amphioxus 6. Kakap

Yang tergolong ikan bertulang rawan adalah

  1. 1, 3
  2. 2, 4
  3. 3, 6
  4. 2, 5
  5. 4, 6

 

No :

 

28

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengidentifikasi ciri-ciri yang dimiliki oleh mammalia

 

Soal

Hewan-hewan kelas mammalia memiliki beberapa persamaan ciri. Ciri hewan mammalia yang menunjukkan nama mammalia adalah…

  1. Memiliki rambut
  2. Memiliki daun telinga
  3. Melahirkan anak
  4. Memiliki kelenjar susu
  5. Berdarah panas

 

 

 

No :

 

29

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami sifat khusus yang dimiliki oleh Amphibia

 

Soal

Amphibia adalah vertebrata yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Yang dimaksud hidup di dua alam adalah…

  1. Dapat hidup di air dan di darat sama baiknya
  2. Mengalami dua fase dengan hidup di darat dan air
  3. Akan hidup di air pada musim hujan dan hidup di darat pada musim kemarau
  4. Hidup di air laut tetapi akan pindah ke air tawar pada sat bertelur
  5. Kunci :

    B

    Bernafas dengan insang tetapi dapat disup di darat

 

 

 

 

No :

 

30

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Menunjukkan pembagian kelas dengan ciri umumnya yang ada pada reptilia

 

Soal

Reptilia di bawah ini manakah yang termasuk ke dalam ordo Chelonia…

a.                  cicak

b.                 buaya

c.                  kadal

d.

Kunci :

D

penyu

e.                 ular

 

 

No :

 

1

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Memahami cara Coelenterata memperoleh makanan

 

Soal

Jelaskan bagaimana cara Porifera memperoleh makanan (mulai dari proses masuknya air, penyerapan nutrisi dan pengeluarannya)?

 

Kunci jawaban :

Flagellum yang ada pada koanosit  bergerak-gerak sehingga membentuk aliran air satu arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol. Di spongosol, makanan ditelan secara fagositosis dan oksigen diserap secara difusi oleh koanosit. Sedangkan sisa makanan dibuang melalui lubang pengeluaran (oskulum).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No :

 

2

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengetahui dan memahami siklus hidup Platyhelminthes

 

Soal

Jelaskan dengan lengkap daur hidup dari Fasciola hepatica?

Kunci Jawaban :

  1. Reproduksi seksual Fasciola hepatica menghasilkan telur pada hati, kemudian berpindah melalui aliran darah ke empedu dan usus, kemudian keluar bersama tinja (Metaserkaria berkembang menjadi dewasa pada hewan ternak).
  2. Telur menetas dan menjadi mirasidium (larva I) bersilia di tempat basah atau berair.
  3. Mirasidium (bersilia) menginfeksi inang perantara, yaitu siput air (Lymnea sp).
  4. Mirasidium menjadi sporokis dalam tubuh siput
  5. Sporokis berkembang secara aseksual menjadi redia (larva II)
  6. Redia bermetamorfosis menjadi serkaria. Serkaria keluar dari tubuh siput dan menempel pada tumbuhan atau rumput air
  7. Serkaria membentuk metaserkaria (cacing muda)
  8. Metaserkaria termakan hewan ternak, kemudian larvanya masuk ke usus, terbawa aliran darah dan menjadi cacing dewasa pada organ hati (kista metaserkaria pada tumbuhan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No :

 

3

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Mengidentifikasi contoh dari filum Platyhelminthes dan peranannya dalam bioindikator/kehidupan

Soal

Jelaskan bagaimana cacing Tubifex dapat berfungsi sebagai bioindikator?

 

Kunci jawaban :

Cacing Tubifex (cacing merah) adalah cacing yang hidup pada daerah perairan yang kotor atau tercemar. Dari sifatnya yang dapat hidup di daerah perairan yang kotor inilah maka cacing Tubifex ini dapat dijadikan sebagai bioindikator yaitu indikator untuk daerah perairan yang tercemar atau kotor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No :

 

4

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Menyebutkan ciri umum yang dimiliki oleh Cephalopoda, Annelida, Arachnida

 

Soal

Jelaskan ciri-ciri yang tercermin dari nama-nama berikut :

o    Bivalvia

o    Echinodermata

o    Plathyhelminthes

 

Kunci jawaban :

  • Bivalvia : memiliki cangkang tipis yang setangkup, kedua cangkang pada bagian tengah dorsal dihubungkan oleh jaringan ikat (ligamen) yang berfungsi seperti engsel. Cangkang tersusun atas lapisan periostrakum, prismatik dan nakreas. Bivalvia ini mempunyai peranan yang sangat menguntungkan karena dapat menghasilkan mutiara.
  • Echinodermata : kelompok hewan triploblastik selomata yang memiliki ciri khas adanya rangka dalam (endoskleleton) berduri yang menembus kulit. Bentuk tubuh ada yang seperti bintang, bulat, pipih, bulat memanjang, dan ada yang seperti tumbuhan. Permukaan tubuh Echinodermata umumnya berduri, dengan duri yang pendek tumpul atau runcing panjang. Hewan ini juga mempunyai fungsi lain, yaitu sistem saluran air dalam rongga tubuhnya yang disebut sistem ambulakral, sistem ini berfungsi untuk mengatur pergerakan bagian yang menjulur keluar tubuh, yaitu kaki ambulakral.
  • Platyhelmintyhes (cacing pipih) adalah kelompok hewan yang struktur tubuhnya sudah lebih maju dibandingkan Porifera dan Coelenterata. Tubuh Plathyhelminthes memiliki tiga lapisan sel (triploblastik), yaitu ektoderm, mesoderm dan endoderm. Tubuh Plathyhelminthas simetri bilateral dengan bentuk pipih, tidak memiliki rongga tubuh (aselomata). Sistem pencernaan terdiri dari mulut, faring dan usus (tanpa anus). Tidak memiliki sistem peredaran darah dan sistem respirasi sehingga pernafasan dilakukan secara difusi. Palthyhelminthes memiliki sistem sarafa tangga tali.

 

 

No :

 

5

Standar kompetensi :

Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

 

Kompetensi dasar :

Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan  peranannya bagi kehidupan.

Indikator :

Menyebutkan peranan dari Mollusca

 

Soal

Sebutkan peran Mollusca dan Coelenterata bagi manusia!

 

Kunci jawaban :

  • Mollusca : sumber makanan yang mengandung protein tinggi, perhiasan, hiasan dan kancing, sebagai bahan baku teraso.
  • Coelenterata : merupakan komponen utama pembentuk eksositem terumbu karang, merupakan tempat tinggal beragam jenis spesies hewan dan ganggang. Sebagai penahan/pemecah ombak

Malang,………………….2007/2008

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(Dra. Dewi Aisyiah)

NIP.

 

Guru PPL

 

 

 

Mirza Faishal

NIM. 104341472526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Soal
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment