Kartu Soal
No :
1 |
Standar kompetensi : Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera
|
|||||||||
Soal Sel-sel yang berfungsi untuk mengedarkan makanan dan oksigen pada porifera disebut…
|
No :
2 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera
|
|
Soal
Lubang untuk masuknya makanan/air pada porifera disebut…
|
|
No :
3 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengenal ciri-ciri umum porifera dan fungsi tiap organ pada porifera
|
|
Soal
Sel bersilia yang melapisi spongosol pada porifera disebut…
|
No :
4 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengenal ciri-ciri umum Coelenterata dan fungsi tiap organ pada Coelenterata
|
|||||||||
Soal
Sistem gastrovaskuler adalah…
|
|||||||||
No :
5 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengenal pembagian kelas pada filum Coelenterata
|
|||||||||
Soal Manakah yang termasuk ke dalam filum Coelenterata…
|
No :
6 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengenal ciri-ciri umum Coelenterata dan fungsi tiap organ pada Coelenterata
|
|
Soal
Kapsul penyengat yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa pada coelenterata disebut…
|
|
No :
7 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Memahami ciri umum dari plathyhelminthes
|
|
Soal
Tubuh plathyhelminthes terdiri atas tiga lapisan (triploblastik), yaitu…
|
No :
8 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengetahui dan memahami fase-fase dari siklus hidup Platyhelminthes
|
|||||||||
Soal
Untuk memutus daur hidup dari Fasciola hepatica, manakah yang harus diberantas…
|
|||||||||
No :
9 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Memahami cara reproduksi dari plathyhelminthes
|
|||||||||
Soal Cacing pipih yang mempunyai sel-sel formatif yang tersebar dalam jaringan parenkim dan berfungsi untuk regenerasi adalah…
|
No :
10 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Memahami cara reproduksi dari Nemathelminthes
|
|
Soal
Organ seks pada Nemathelminthes terpisah antara jantan dan betina, sifat tersebut biasanya dikenal…
|
|
No :
11 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui ciri-ciri dari Nemathelminthes
|
|
Soal
Cacing Ancylostoma duodenale pertama ditemukan dimana…
|
No :
12 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengetahui cara terjangkitnya/infeksi dari filum Nemathelminthes
|
|||||||||
Soal
Cacing apakah yang dapat menimbulkan penyakit kaki gajah (filariasis)…
|
|||||||||
No :
13 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Memahami organ-organ pada filum Annelida
|
|||||||||
Soal Pada bagian lateral tubuh Annelida, tiap segmen terdapat alat gerak berupa bulu-bulu kaku yang disebut…
|
No :
14 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui cara dari anggota Hirudinea melumpuhkan mangsa dan fungsi dari zat yang digunakan dalam melumpuhkan mangsa |
|
Soal
Pacet dan lintah merupakan hewan parasit yang hidup di luar tubuh inang, sifat seperti ini dikenal dengan istilah…
|
|
No :
15 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui cara dari anggota Hirudinea melumpuhkan mangsa dan fungsi dari zat yang digunakan dalam melumpuhkan mangsa |
|
Soal
Zat anti pembekuan darah yang dikeluarkan oleh pacet dan lintah disebut…
|
No :
16 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengenal pembagian kelas pada filum Mollusca
|
|||||||||
Soal
Manakah yang merupakan pasangan sinonim suatu takson hewan?…
|
|||||||||
No :
17 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Memahami fungsi organ-organ yang terdapat pada Gastropoda
|
|||||||||
Soal Kelas Mollusca yang menggunakan kepala sebagai alat gerak (kaki) disebut…
|
No :
18 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Memahami fungsi organ-organ yang terdapat pada Gastropoda
|
|
Soal
Alat perlindungan apakah yang dimiliki oleh Cephalopoda…
|
|
No :
19 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengidentifikasi contoh-contoh dari kelas Arthropoda
|
|
Soal
Ciri umum yang dimiliki Arthropoda adalah…
|
No :
20 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Mengetahui sistem respirasi pada Arthropoda
|
|||||||||
Soal
Diantara Arthropoda berikut yang sistem respirasinya bukan trakea adalah…
|
|||||||||
No :
21 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||||
Indikator :
Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna dari Insecta
|
|||||||||
Soal Proses metamorfosis sempurna berikut ini manakah yang benar …
|
No :
22 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui pembagian ordo pada Myriapoda
|
|
Soal
Ordo Myriapoda yang tiap segmen tubuhnya terdapat dua pasang kaki dan dua pasang spirakel adalah?
|
|
No :
23 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui peranan dari Echinodermata
|
|
Soal
Peranan Echinodermata salah satunya adalah sebagai bahan makanan, yaitu dari kelas…
|
No :
24 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||
Indikator :
Memahami ciri-ciri umum dari tiap kelas pada Echinodermata
|
|||||||
Soal
Bentuk tubuh Echinodermata yang mirip dengan tumbuhan termasuk kedalam kelas…
|
|||||||
No :
25 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||||||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||||||
Indikator :
Mengetahui fungsi dari organ-organ yang terdapat pada filum Echinodermata
|
|||||||
Soal Duri yang termodifikasi dan berfungsi untuk menangkap mangsa pada Asteroidea disebut…
|
No :
26 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Menyebutkan ciri umum dari vertebrata
|
|||
Soal
Satu ciri khusus dari hewan vertebrata adalah…
|
|||
No :
27 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Menyebutkan dan memahami pembagian kelas dari Pisces
|
|||
Soal
1. Lamprey 4. Tunicata 2. Hiu 5. Pari 3. Amphioxus 6. Kakap Yang tergolong ikan bertulang rawan adalah
|
No :
28 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Mengidentifikasi ciri-ciri yang dimiliki oleh mammalia
|
|||
Soal
Hewan-hewan kelas mammalia memiliki beberapa persamaan ciri. Ciri hewan mammalia yang menunjukkan nama mammalia adalah…
|
|||
No :
29 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Memahami sifat khusus yang dimiliki oleh Amphibia
|
|||
Soal
Amphibia adalah vertebrata yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Yang dimaksud hidup di dua alam adalah…
|
No :
30 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Menunjukkan pembagian kelas dengan ciri umumnya yang ada pada reptilia
|
|||
Soal
Reptilia di bawah ini manakah yang termasuk ke dalam ordo Chelonia… a. cicak b. buaya c. kadal d.
penyu e. ular
|
|||
No :
1 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
||
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|||
Indikator :
Memahami cara Coelenterata memperoleh makanan
|
|||
Soal
Jelaskan bagaimana cara Porifera memperoleh makanan (mulai dari proses masuknya air, penyerapan nutrisi dan pengeluarannya)?
Kunci jawaban : Flagellum yang ada pada koanosit bergerak-gerak sehingga membentuk aliran air satu arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol. Di spongosol, makanan ditelan secara fagositosis dan oksigen diserap secara difusi oleh koanosit. Sedangkan sisa makanan dibuang melalui lubang pengeluaran (oskulum). |
No :
2 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengetahui dan memahami siklus hidup Platyhelminthes
|
|
Soal
Jelaskan dengan lengkap daur hidup dari Fasciola hepatica? Kunci Jawaban :
|
No :
3 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Mengidentifikasi contoh dari filum Platyhelminthes dan peranannya dalam bioindikator/kehidupan |
|
Soal
Jelaskan bagaimana cacing Tubifex dapat berfungsi sebagai bioindikator?
Kunci jawaban : Cacing Tubifex (cacing merah) adalah cacing yang hidup pada daerah perairan yang kotor atau tercemar. Dari sifatnya yang dapat hidup di daerah perairan yang kotor inilah maka cacing Tubifex ini dapat dijadikan sebagai bioindikator yaitu indikator untuk daerah perairan yang tercemar atau kotor.
|
No :
4 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Menyebutkan ciri umum yang dimiliki oleh Cephalopoda, Annelida, Arachnida
|
|
Soal
Jelaskan ciri-ciri yang tercermin dari nama-nama berikut : o Bivalvia o Echinodermata o Plathyhelminthes
Kunci jawaban :
|
No :
5 |
Standar kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan. |
|
Indikator :
Menyebutkan peranan dari Mollusca
|
|
Soal
Sebutkan peran Mollusca dan Coelenterata bagi manusia!
Kunci jawaban :
|
|
|
Recent Comments